Header Ads

Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Mobil Yang Bikin Mabok dan Mual !! gimana ya Gaes???

Mau Apek Mobil
Bau Apek Mobil

Ok Gaes.....Salam dari saya dari sang admin mitsoop....mitsoop solution for information....!!!

Kali ini gue akan bercerita mengenai pengalaman gue tentang bagaimana cara menghilangkan bau apek yang bikin mual, nek, muntah, dan pengen ngludah di mobil. kisah ini ...(cie Kisah)....cerita maksudnya ::D...kisah ini bermula ketika sang admin gak punya mobil dan tiap mau hangout bareng keluarga sang admin (biar gaooool dikit) selalu meminjam mobil kepada si om baik hati yang gak pernah sombong namanya mr X. Mobil Mr X adalah mobil tipe Y, mesin masih ok, tampilan juga masih ok......namun saudara-sudara temen-temen semua ketika kita masuk pada mobil tersebut menit pertama sampai kesekian menit selanjutnya ok fine gak masalah tapi kalau udah ber jam-jam itu rasanya bikin mabok dan bikin muntah saudara-saudara. makanya itu disini gue mau sharing bagaimana cara menghilangkan bau apek mobil yang sering kita jumpai....

sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan, tentu sebelum masuk kesitu kita harus mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu...iyakana gaes??? jadi penyebabnya itu adalah:

  • sisa makanan dan minuman
 kebiasaan jorok memang sudah menjadi budaya kali ya...karena memang kalau udah didalam mobil itu rasanya itu susah untuk menjaga kebersihan, apalagi yang punya anak kecil yang lagi nyemil dan rontokan-rontokan sisa makanan pada jatuh ke mobil....gak hanya anak kecil biasanya juga orang yang dewasa juga sama aja. sisa-sisa makanan ataupun minum yang jatuh pada mobil lama-kelamaan akan menjadi busuk dan penyebab jamur akan muncul bahkan bakteri pun akan senang pada tempat seperti itu. bakteri dan jamur inilah yang menyebabkan proses terjadinya oksidasi yang menimbulkan bau tidak sedap pada mobil....makanya gaes saran gue tiap kali mobil abis dipakai cepet-cepet langsung dibersihkan.....jangan samapai kaya kejadian mobil temen gue, karena di jorok jarang dibersihin, ada sisa makanan bo amat...dan akhirny.....mobilnya jadi sarang semut.....kalau kena terik matahari semut pada kepanasan didalam mobil, dan akhirny keluar dari sarang pada mencari udara sejuk kali y....
Sisa Makanan Pada Mobil
Sisa Makanan Pada Mobil

  • Keringat Manusia
Kerinagat manusia....nah ini paling utama nie gaes.... biasanya keringat merupakan kebanyakan kasus yang sering ditemui pada mobil-mobil apek... keringat yang menempel pada jok itu biasanya awet banget apalagi jok tersebut terbuat dari kain dan spon.....keringat yang keluar dari tubuh akan diserap di kaos ataupun baju yang dgunakan oleh si pemakai mobil, dari baju ataupun kaos otomatis beberapa persen akan menempel bahkan diserap oleh jok mobil tersebut dan welll akhirny meneyebabkan bakteri muncul yang meneyebabkan jok terasa bau.....
  • salah parkir mobil!!!
Salah parkir mobil??? kok bisa??? kita biasanya yang cuek dengan kondisi mobil biasanya kalau parkir sembarangan....kadang-kadang dipanas-panasin diterik matahari (memang susah sih nyari yang adem).....kadang-kadang dibiarin hujan-hujannya terus kepanasan......dsb.... itu semua biasanya yang sering kita lakukan....itu semua akan menyebabkan kondisi di kabin mobil bau kenapa ketika mobil kondisi lembab misalnya jika ada sedikit pemicu timbulnya bakteri seperti makanan dsb, bakteri pasti akan betah di kondisi yang lembab.....kalau kena terik matahari, joknya ataupun kabun mobil yang bahan dasarnya kebanyakan dari kulit sintetis dan spon jika terkena terik matahari yang lama akan menimbulkan kerusakan material jok tersebut selain itu bau juga (akibat keringat dsb).
  • Ac mobil yang gak normal....
Penyebab dari bau apek atau asem pada AC mobil adalah debu dalam kabin dan interior. Adanya debu tersebut yang jarang dibersihkan akan masuk ke dalam system AC pada bagian evaporator akan menumpuk dan berjamur, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi selalu rajin membersihkan, dan bila karpet lembab atau kotor keluarkan jemur agar kering dan bersihkan. Bersihkan pula evaporator dengan disemprotkan air agar kotoran yang terperangkap dapat larut terbawa air. Ada beberapa kasus, penyebab kabin mobil bau diantara:
  • Pemakaian parfum mobil
kenapa dengan parfum mobil?? kenapa???
  1. Penyemprotan parfum cair yang berlebihan....yang akan meninglkan bekas pada jok mobil, kabin, dasbord, karpet dasar dsb...
  2.  Penyemprotan bau mobil yang berlebihan ( walaupun bisa menghilangkan bau yang tak sedap dalam sekejap justru lama-kelamaan akan menyebabkan bau karena aroma nya akan bercampur dengan aroma lain yang justru akan menimbulkan aroma yang makin tidak sedap)
  3.  Pemakaian parfum berbentuk jell....kalau jelnya udah bleber-bleber ke dashbord mobil apalagi masuk ke kisi-kisi ac ...waduh.... itu akan membuat kinerja ac semakin keras untuk mensirkulasi udara di kabin mobil.
bagaimana cara menghilangkan bau ac??? 
  • Bila membawa makanan-makanan yang berbau, bungkus rapat-rapat dengan kertas koran, kemudian bungkus lagi dengan plastik, usahakan jangan meninggalkan sisa pada mobil. kalau ada sisa yang jatuh atau rontok segera bersihkan. kalau dalam bentuk cair segera lap dengan kain bersih.

Membersihkan Sisa Makanan Dan debu pada mobil
     
    • Usahakan parkir mobil yang teduh dan terhindar dari terik  matahari, dan kalau bisa di dalam ruangan.

    Parkir Mobil di tempat rindang
    • Jangan menyemprot pewangi ruangan ke dalam kabin. Sebab, hanya berfungsi sementara memberikan bau sedap, selanjutnya, bau makin tak keruan karena sari dari pewangi yang ikut bercampur dengan aroma-aroma barang-barang lainnya yang ada di dalam mobil.
    •  Pakailah pewangi yang berbahan seperti kapur barus. Selain akan menyerap bau tak sedap, juga akan stabil memberikan bau wangi.
    Pewangi Mobil Non Cair

    • Sedapat mungkin, jika memang tak suka baunya, jangan makan menu cepat saji dan minuman bersoda, di dalam mobil. Air minum yang menetes di karpet, bisa menyebabkan jamur yang ikut andil memberikan bau. Apalagi tetesan saus sambal dan sebagainya.
    • Setel AC dengan posisi sirkulasi udara dari luar ikut bergabung dengan udara dalam kabin. Tetapi sesudah kira-kira cukup (sekitar 5-10 menit), posisikan kembali AC hanya untuk sirkulasi udara kabin, agar Anda tidak kepanasan.
    • Kalau dirasa ac mobil masih bau, bawa ke tukang ac, bersihkan dan cuci semua komponen ac baik itu kisi-kisi, tabung sirkulasi dll. 
    Menguras Komponen Ac
    Menguras Komponen Ac

    • Saat mobil tidak dipakai, ada baiknya anda membuka pintu dan jendela lebar-lebar. Biarkan selama kira-kira 30 menit. Tapi ingat, mobil harus diparkir di tempat yang aman.
    • Alternatif yang paling ampuh bisa juga dengan meletakkan bubuk kopi di dalam wadah, kemudian taruh di bawah jok. Atur penempatannya agar tidak mudah tumpah. Ganti bubuk kopi seminggu sekali jika bau belum hilang juga. Kopi akan menyerap bau apek.

    Kopi Penghilang aApek mobil
    • Pakai Air purifier, alat ini terbukti ampuh menetralisir bau di kabin mobil. menurut pengalaman teman saya air purifier ampuh menghilangkan bau-bau seperti bekas asap rokok, bau apek sisa makanan, bekas keringat dsb. emanag harganya agak sedikit mahal dari yang 50rb sampai puluhan juta rupiah tergantung budget kantong masing-masing.
    Air Purifier










    Sekian Postingan kali ini semoga bermanfaat. salam mitsoop.com

    No comments