Header Ads

Fly Over Corrugated Steel /Armco Antapani-Bandung

0919077screenshot-2016-06-10-08-53-59-350780x390
Gambar Desig Awal Fly over Antapani
Metode
Pembangunan jalan layang Antapani bertujuan untuk mengatasi kemacetan yang setiap hari terjadi di persimpangan Jalan Terusan Jakarta dan Jalan Ibrahim Adjie. Terlebih, kemacetan pada jam sibuk pagi dan sore hari serta akhir pekan.
Flyover Antapani
Gambar Design Flyover Antapani- Bandung
Jalan layang Antapani merupakan proyek percontohan teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP) yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia. Baja struktur yang digunakan di jalan layang Antapani berbentuk corrugated atau armco dengan tiga jumlah bentang. Panjang untuk bentang tengah adalah 22 meter dengan tinggi ruang bebas vertikal 5,1 meter dan lebar bentang lainnya (u-turn) adalah 9 meter.
CMP adalah teknologi yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Balitbang Kementerian PUPR. Teknologi ini merupakan pengembangan teknologi timbunan ringan mortar busa dengan struktur baja bergelombang.
Kelebihan CMP adalah masa konstruksi yang lebih cepat 50% jika dibandingkan untuk konstruksi beton umumnya memakan waktu 12 bulan, sementara CMP hanya memerlukan 6 bulan. Kelebihan lainnya adalah bentangan konstruksi jembatan yang panjang di mana lengkungan jembatan dapat mencapai 36 meter sehingga mampu mengakomodasi hingga 8 lajur kendaraan di bawah jembatan.
Pelaksanaan konstruksi CMP juga tidak mengharuskan penutupan jalur kendaraan sehingga memberikan dampak yang sangat kecil terhadap kemacetan di sekitar lokasi konstruksi. CMP memiliki nilai estetis sehingga dapat menjadi suatu landscape dan bahkan bisa menjadi landmark suatu kawasan. Konsumsi bahan alam dalam konstruksi CMP jauh lebih rendah daripada konstruksi dengan teknologi beton sehingga ramah lingkungan.
Teknologi mortar busa ini digunakan sebagai pengganti timbunan tanah atau subbase yang biasanya dipakai tanpa memerlukan lahan yang lebar karena dapat dibangun tegak dan tidak memerlukan dinding penahan serta tidak perlu alat pemadat karena dapat memadat dengan sendirinya.
Penggunaan baja bergelombang, selain mempercepat waktu pembangunan jalan layang itu juga lebih efisien secara pembiayaan. Biasanya, untuk membuat satu jembatan dengan beton bertulang membutuhkan biaya sekitar Rp 120 miliar. Akan tetapi, untuk pembuatan overpass dengan struktur baja bergelombang dan timbunan ringan mortar busa, hanya membutuhkan anggaran Rp 35 miliar.
Jembatan dengan menggunakan teknologi baja bergelombang /armco/ corrugated metal pipe / corrugated steel / gorong-gorong baja bergelombang ini sangat cocok digunakan dimanaapun dan kapanpun karena dari segi efisiensi dapat dibandingkan jauh dari pada pakai metode konvensional baik itu beton pracetak precast ataupun rangka baja. Corrugated steel / armco/ baja bergelombang ini memiliki karakteristik tahan gempa karena konsep lengkung dari baja bergelombang yang langsung berinteraksi dengan tanah timbunan tanah ataupun mortar yang dapat mereduksi gaya gempa yang terjadi.  Salah satu keunggulannya adalah dengan sistem baja bergelombang akan menghasilkan momen inersia yang besar dan berdampak tipisnya kebutuhan material yang digunakan dan ujungnya adalah penghematan cost ( baik fabrikasi, pengiriman, instalasi dan finishingnya). oleh karena itu bagi daerah-daerah terpencil, pegunungan, hutan, ataupun daerah yang susah untuk akses transportasinya metode ini sangatlah cocok untuk diterapkan baik untuk jembatan bentang panjang, jembatan bentang pendek, fly over, over pass, saluran irigasi, terowongan, depth tunnel, jembatan kereta, tutup konveyor, silo dan lain sebagainya.
Pembangunan jalan layang Antapani merupakan proyek kerja sama antara Pusjatan Kementerian PUPR, Pemerintah Kota Bandung, dan pemerintah Korea. Dari anggaran Rp 35 miliar yang dibutuhkan untuk pembangunan, komposisi pembiayaan terdiri atas Rp 22 miliar berasal dari Pusjatan Kementerian PUPR, Rp 10 miliar dari Pemerintah Kota Bandung, dan Rp 3 miliar dari Pemerintah Korea dalam bentuk komponen material.
Karakteristik Material dan kelebihan Corrugated steel pipe Fly Over antapani bandung
  1. karakteristik gelombang dan base chanel : untuk ukuran gelombang di antapani ada 2 tipe yaitu 381×150 untuk bentang 18 m dan 500 x 240 untuk bentang 22 m. sebenarnya teknologi ini bukan terbilang baru di indonesia karena tahun 90an bakrie sudah memproduksi plat seperti ini namun tipe gelombangny lebih kecil yaitu 100×25 dengan bentang sampai 2 m dan 200×50 untuk bentang sampai dengan  15 m. tipe gelombang tentu saja menyesuaikan dengan bentang, semakin bentang nya lebar makin besar juga tipe gelombangnya. kenapa dibuat bergelombang? Hal ini tentu saja merupakan konsep dasar momen inersia, sedikit yang saya tahu bahwa untuk bentang yang lebar otomatis harus dengan menggunakan plat tebal juga, tapi hal ini ini dengan adanya konsep momen inersia ketebalan plat dapat diminimalisir dengan membuat variasi gelombang untuk menambah gaya tekan dan kekauan pada plat.
profil-gelombang-armco-corrugated-steel-pipe-antapani2
Gambar karakteristik Gelombang corrugated metal pipe/ corrugated steel pipe / armco






2.sistem packing yang tidak memakan kubikasi
Pada tipe corrugated biasanya dari tempat pabrikasi ke site dalam bentuk potongan-potongan yang kemudian diinstal dilokasi. seperti gambar dibawah ini. hal ini tentu saja akan memangkas  biaya transortasi yang cukup banyak dari pada fly over dengan sistem beton prategang dengan precast.
blank-size-corrugated-steel-pipe
Gambar Potongan Plat Armco / pipa baja bergelombang  / corrugated mortar pusjatan -korea punya
3. sitem join
untuk sistem join pada corrugated steel pipe ini adalah dengan menggunakan sistem join baut. rata-rata untuk corrugated tipe di antapani bandung dengan menggunakan baut M20 grade 10.9. di indonesia biasanya yang dipakai adalah grade 8.8
jarak-baut-gorong-gorong-baja
Gambar pengukuran jarak antar baut armco atau gorong-gorong baja/ corrugated metal pipe/ corrugated steel pipe/ pipa baja bergelombang
img-20160919-wa0018
Gambar Baut Armco grade 10.9
4. instalasi
instalasi corrugated steel pipe ini memang terbilang mudah, tidak memerkuan keahlian khusus, dan yang paling penting mudah difahami oleh orang awam sekalipun karena hanya dengan sistem join baut. Dan yang paling penting tidak mengganggu lalu lintas secara signifikan.
img-20160919-wa0019
Gambar Join Plat corrugated steel sistem join base chanel dengan pondasi
pemasangan-corrugated-steel-pipe
img-20160919-wa0010
Gambar Armco Yang Terpasang Angkur untuk dinding penahan tanah / Headwall
pembangunan-jembatan-layang-antapani-capai-70-3
Gambar Gorong-gorong / corrugated steel  tampak dari atas
pembangunan-jembatan-layang-antapani-capai-70-2
Gambar Pelaksanaan proyek tanpa mengganggu arus lalu lintas
pembangunan-jembatan-layang-antapani-capai-70-1
Tampak Atas samping Corrugated steel / armco / gorong-gorong baja dengan metode CMP
pembangunan-jalan-bandung
Gambar Tampak atas corrugated steel / armco yang sudah terinstal
foto-a-fly-over-antapani-70-persen-rampung
Gambar Persiapan pembuatan dinding penahan tanah atau headwall

Sebenarnya di indonesia sudah ada corrugated steel yang sudah diterapkan adalah sebagai berikut sesuai dengan SNI 07-0950-1989 ( mengenai pipa baja bergelombang baik itu gorong- gorong baja dan pagar jalan tol ataupun guardrail):
  1. Gelombang 100 x 25 ( terdiri dari 2 tangkup arah melingkar, Atas Bawah)
    • Nestable Flange Tipe E-100
  2. Gelombang tipe 200 x 53+-3 ml (terdiri dari beberapa potongan plat melingkar)
    • Multi Plate Pipe
    • Multi Plate arch
    • Multi Plate underpass
    • Multi Plate Pipe Arch
    • Multi Plate Horseshoe Arch
    • Multi Plate Vertical ellipse
    • Multi Plate Superspan horizontal  ellipse
    • Multi Plate Super span Low Profile Arch
    • Multi Plate Super span High Profile Arch
    • Multi Plate Super span Pear Shapes Profile Arch, Dan tipe lainya.
Standart Design Perhitungan Corrugated steel /Armco:
  1. SNI 07-0950-1989
  2. AS 2041-2042-1984
  3. Handbook :Steel Drainage and High way Construction Produk-Corrugated steel pipe institut

Baca Juga 

Corrugated Steel Simple Home Design

Penerapan di daerah lain

Metode Corrugated steel / armco / gorong-gorong baja ini akan diterapkan di beberapa daerah dengan kasus perlintasan sebidang yang menimbulkan macet. Lokasi yang sebentar lagi akan direalisasikan adalah sebagai berikut:
  1. Dermoleng, Kecamatan Ketanggungan, Brebes
  2. Kretek, Paguyangan, Brebes
  3. Karangsawah, Tonjong, Brebes
  4. Klonengan Prupuk, Margasari, Tegal
  5. Kesambi, Prupuk Selatan, Kecamatan Margasari, Tegal.
Walaupun fly over antapani corrugated steel yang dipakai adalah produk luar negeri (korea punya), tapi itu semua tidak menghambat produsen corrugated steel  asli indonesia untuk mengembangkan produknya untuk diterapkan pada lima fly over tersebut.

Fly over Klonengan, Brebes.

Tujuan utama di bangunnya fly over klonengan brebes ini dimaksudkan untuk mengurai kemacetan yang terjadi lalu lintas menuju daerah cilacap ataupun purwokerto via prupuk. kemacetan ini diakibatkan karena adanyta lintasan jalur kereta api. kereta api yang melintasi daerah kloengan ini bersebrangan jalan raya di klonengan. Ketika kereta api melintas mau tidak mau kendaraan yang berlalu lalang lintasan tersebut harus diberhentikan sejenak untuk memberikan akses kereta api untuk lewat. Lewatnya kereta api di daerah klonengan ini boleh dibilang hampir tiap jam ada dan untuk waktu yang diperlukan untuk menutup perlintasan kereta api tersebut kalau diakumulasikan sekitar 2 jam 2 jam lebih. Dengan waktu tersebut untuk lalu lintas hari biasa tidaklah mengganggu akan tetapi kalau waktu hari libur terutama mudik lebaran tentu saja itu akan sangat mengganggu dan akan berdampak kemacetan panjang akibat naiknya volume kendaraan yang melintas. Oleh karena itu untuk menghindari kemacetan terssebut dibngunlah fly over di atas lintasan kereta api. Berikut lokasi fly over klonengan:

images
Rencana lokasi fly over klonengan -Brexit yang akan memakai teknologi corrugated steel / armco yang melintasi rel kereta api.


Project Fly over klonengan ini dimenangkan oleh PT. Hutama Karya - Maratama KSO. target pengerjaan fly over ini diharapakan akan bisa dilintasi H-7 sebelum lebaran.
Berikut beberapa dokumentasi penerapan corrugated steel pipe / corrugated metal pipe / armco / pipa baja bergelombang / gorong- gorong baja yang diaplikasikan untuk fly over di daerah klonengan , Brebes.

Tiang-tiang Flyover Brebes

Gambar Kombinasi Aplikasi Design CMP / armco/ Pipa baja bergelombang dengan beton precas

Gambar Kombinasi Aplikasi Design CMP / armco/ Pipa baja bergelombang dengan beton precas

Gambar Kombinasi Aplikasi Design CMP / armco/ Pipa baja bergelombang dengan beton precas

Gambar Fly over Klonengan Dengan Armco / Corrugated Steel Pipe / Pipa Baja bergelombang
#Gorong-gorong baja, gorong-gorong baja gelombang, gorong-gorong baja aramco, pabrik gorong-gorong baja, harga gorong-gorong baja gelombang, harga gorong-gorong baja armco, gorong-gorong plat baja, gorong gorong, corrugated steel, harga gorong-gorong baja armco, gorong-gorong pipa baja bergelombang,

Sumber :

Jembatan Layang Murah Bisa Dibangun di Daerah—>http://jabarprov.go.id
Produsen & Supliyer pipa baja bergelombang / armco / corrugated steel, flex beam guardrill / pagar pengaman jalan, PJU, Rambu jalan , tiang lampu dll
 HUB :Rohmad 081310359516
Atau Klik Link Whatsapp 



No comments