Header Ads

Pengalaman Strategi Pelunasan KPR Muamalat ; 12 tahun jadi 7 tahun


Halo sobat semua,
semoga sobat semua masih dalam keadaan selalu sehat walafiat dan selalu dilindungi oleh Allah SWT.
Kali ini admin ingin memberikan pengalaman dan strategi untuk pelunasan KPR.
KPR??? ya Kredit Perumahan Rakyat salah satu fasilitas yang bisa kita manfaatkan untuk memiliki rumah dengan cara pembiayaan dari Bank. Pihak developer akan dibayar oleh Bank, dan si pembeli tinggal melakukan pembayaran secara rutin kepada piihak Bank. Untuk lamanya tergantung tergantung kita mau berapa lama, bisa 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun bahkan 20 tahun bisa dan tinggal menyesuaikan kemampuan pembeli.
Pembiayaan Bank ini biasanya ada 2, yaitu:
  1. Pembiayan KPR Syariah
  2. Pembiayaan KPR Konvensional
pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman yang pernah saya jalani dengan pembiayaan syariah dengan Bank Muamalat. Bank Muamalat merupakan salah satu lembaga keuangan di Indonesia yang membantu para kaum muslim / umat islam dengan meluncurkan program pembiayaan dengan syar'i bebas dari riba karena dilandaskan pada akad jual beli secara islam. Berangkat dari niat dan keinginan punya rumah tanpa riba akhirnya saya pada bulan oktober 2015 mengambil perumahan dengan pembiayaan Bank Mumalat. Berikut Skema awal pembiayaan rumah saya :


Pada saat awal memang sedikit agak memaksakan untuk mengambil rumah untuk saya mengingat sebagian gaji seorang karyawan swasta fress graduate yang cukup dan pas-pasan di tahun 2015. setengah dari gaji saya hanya buat cicilan rumah. 
kira2 perjalanan angsuran 3 tahun saya merasa bosan dan seolah2 hidup dikejar hutang yang membuat pikiran tidak tenang dan dihantui dengan cicilan,  dari hal ini lah saya berfikir saya ingin mempercepat pelunasan dengan apapun metodenya sebelum menikah. Akhirnya barang2 berharga seperti 1 unit mobil saya jual untuk menutup / melunasi sebagian KPR. Memang agak susah untuk melalukan pelunasan sebagian karena beberapa prosedur  angsuran belum mencapai 5 tahun. dst


No comments